Hati-Hati! Ini Dia Akibatnya Kalau Salah Memberi Vitamin Anak

Memberikan vitamin anak tidak boleh sembarangan. Vitamin memiliki banyak manfaat untuk tubuh anak. Pertumbuhan dan perkembangan anak bisa berjalan dengan optimal apabila kebutuhan vitamin terpenuhi dengan baik dan lengkap. Namun, kalau pemberiannya tidak dilakukan dengan tepat maka vitamin justru bisa berpengaruh buruk untuk kesehatan anak.

Bagaimana bisa berpengaruh buruk? Saat ini banyak sekali produk vitamin yang bisa dibeli dan diberikan kepada anak. Sayangnya, tidak semua produk vitamin bisa sesuai dan aman untuk dikonsumsi oleh anak. Itulah mengapa orang tua harus sangat selektif dan berhati-hati saat akan memberikan vitamin kepada anak.

Vitamin Anak

Kemungkinan Alergi

Salah satu hal yang harus diwaspadai oleh orang tua ketika memberikan vitamin anak adalah kemungkinan adanya reaksi alergi pada tubuh anak. Perlu diketahui bahwa tidak semua bahan atau zat bisa diterima oleh tubuh anak dengan aman tanpa reaksi apapun. Bisa jadi anak alergi terhadap satu bahan atau zat tertentu yang terkandung pada sebuah produk vitamin.

Itulah mengapa sangat disarankan kepada semua orang tua untuk selalu membaca dengan teliti apa saja kandungan bahan yang ada di dalam sebuah produk vitamin. Orang tua harus bisa memastikan apakah produk vitamin yang akan diberikan kepada anak mengandung bahan-bahan yang memang aman untuk diterima oleh tubuh anak atau tidak.

Jika anak belum pernah menunjukkan reaksi alergi apapun mungkin memang akan lebih sulit bagi orang tua untuk memilih produk vitamin yang tepat. Satu-satunya cara adalah memilih produk vitamin yang sudah terdaftar BPOM dan dipastikan aman. Jika memang kemudian menunjukkan reaksi alergi pada anak maka langsung hentikan pemberian vitamin tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Vitamin Tertentu

Ada banyak jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Setiap jenis vitamin memiliki manfaat atau peran masing-masing bagi tubuh. Jika pemberian vitamin tidak dikontrol dengan baik maka akan muncul kemungkinan kondisi dimana tubuh kekurangan dan kelebihan vitamin tertentu.

Hal ini bisa terjadi karena orang tua tidak memperhatikan kandungan vitamin yang diberikan pada anak. Misalnya, anak sudah menerima cukup vitamin C dari produk suplemen yang ia konsumsi. Kemudian orang tua memberikan asupan makanan yang juga mengandung banyak vitamin C sedangkan sumber vitamin lain tidak diberikan.

Jika hal ini terjadi, maka tubuh akan menerima terlalu banyak vitamin C sedangkan vitamin lainnya tidak diterima oleh tubuh. Untuk menghindari kondisi seperti ini, orang tua perlu cermat memperhatikan bagaimana kandungan vitamin dan menu makanan sehat apa saja yang bisa diberikan agar kebutuhan vitamin anak tercukupi dengan lengkap.

Sebagai orang tua, anda harus memiliki banyak pengetahuan seputar kebutuhan vitamin anak dan bagaimana cara untuk memenuhinya. Ini sangatlah penting untuk mendukung serta memaksimalkan proses pertumbuhan dan perkembangan anak di setiap tahap usia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *