Mau Wisata Religi di Eropa? Kunjungi Masjid Tertua di Inggris Ini!

Bagi Anda yang seorang muslim dan berjalan-jalan di Eropa, pasti bingung mencari tempat ibadah. Apa? Anda mau berwisata religi di Eropa? Bisa, kok! Ada banyak masjid yang bisa Anda kunjungi dan tak perlu bingung mencarinya. Asuransi online atau konvensional jangan Anda lupakan sebelum Anda pergi ke negara di Eropa ini, ya!

Masjid Shah Jahan

Tujuannya tentu saja agar Anda merasa lebih nyaman dan aman saat liburan di luar negeri sebab asuransi ini bisa melindungi Anda dari berbagai risiko. Nah, salah satu tempat ibadah atau masjid yang bisa Anda kunjungi adalah masjid tertua yang ada di Inggris ini. Apa saja yang perlu Anda ketahui mengenai masjid ini?

Shah Jahan Masjid

Nama masjid tertua yang ada di Inggris itu adalah Shah Janan. Anda bisa mengunjunginya di Jl. 49 Oriental Rd, Woking GU22 7BA atau hanya tiga perempat mil dari stasiun kereta api. Ini adalah masjid tertua yang ada di Inggris sekaligus di Eropa Utara. Bahkan sampai saat ini masjid Shah Janan masuk dalam daftar bangunan cagar budaya yang ada di Inggris.

Masjid ini dibangun pada tahun 1889 oleh seorang Yahudi bernama Gottlieb Wilhelm Leitner.  Perlu Anda ketahui, Leitner bukanlah orang sembarangan. Dia adalah seorang yang cerdas dan merupakan seorang profesor yang menguasai 25 bahasa di dunia. Leitner pindah pertama kali ke Inggris pada tahun 1883 dan bangunan pertamanya adalah Oriental Institute.

Profesor ini ternyata memiliki ketertarikan dengan bahasa Arab dan hukum Islam. Oleh karena itulah dia akhirnya memutuskan untuk mendirikan bangunan masjid ini. Saat itu, awalnya masjid ini dijadikan sebagai pusat pembelajaran Islam di Inggris dan bahkan hingga kini praktik tersebut masih berlangsung.

Bila Anda ingin mengunjungi masjid Shah Janan, sebelumnya pastikan Anda sudah ter-cover dengan asuransi online ataupun konvensional untuk asuransi perjalanan yang terbaik. Tujuannya tentu saja untuk meng-cover berbagai hal buruk yang bisa jadi menimpa Anda selama di negeri orang. Tak mau hal buruk tersebut menimpa Anda, kan?

Arsitektur Masjid Shah Janan

Masjid Shah Janan memiliki arsitektur yang unik. Arsitektur dari masjid ini mirip dengan arsitektur berbagai masjid yang bisa Anda temui di India ataupun pakistan. Masjid ini memiliki empat buah kubah kecil dengan satu kubah besar di tengahnya. Pada tahun 1995, masjid ini pernah mengalami perbaikan yang dilakukan para jemaahnya..

Hal ini bertujuan agar keanggunan dari masjid ini bisa kembali seperti sebelumnya. Setelah direnovasi, masjid ini mampu menampung sampai 1.000 jemaah. Sekarang, tak hanya digunakan sebagai tempat untuk sholat lima waktu dan sholat besar Islam lainnya, masjid ini juga menjadi tempat untuk pusat pembelajaran agama Islam para jemaahnya.

Tak jarang, Anda bisa menemui banyak siswa setaraf SD dan SMP datang berkunjung ke sini beramai-ramai. Mereka mengadakan study tour untuk mengetahui dan mendapat pemahaman mengenai sejarah masjid tertua yang ada di Inggris ini. Tak sampai di situ, bagi anak-anak atau orang dewasa yang ingin belajar Islam lebih dalam, di sini juga disediakan wadahnya.

Nah, setelah Anda mengetahui tentang masjid keren yang ada di Inggris ini, bagaimana? Tertarik untuk mengunjunginya? Jika iya, sebelumnya pastikan Anda dilengkapi dengan asuransi online ataupun konvensional berupa asuransi perjalanan. Tujuannya tentu saja agar liburan dan wisata religi Anda jadi lebih nyaman, aman dan menenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *